Cara Memilih Laptop Murah dan Berkualitas – Laptop saat ini merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan oleh banyak kalangan, khususnya pelajar dan pekerja kantoran. Ditambah dengan banyaknya kegiatan yang harus dilaksanakan dari rumah untuk saat ini. Berbagai pilihan jenis laptop pun banyak disuguhkan di pasaran.

Nah, sebelum membeli laptop, biasanya pertimbangan apa saja sih yang kamu gunakan? Agar kamu tidak salah dalam menentukan pilihan.

Berikut Cara Memilih Laptop Murah dan Berkualitas

Harga

Hal terpenting dari seluruh pertimbangan dalam membeli laptop adalah patokan harga. Berapa sih budjet yang kamu sediakan untuk membeli laptop? Apakah kamu akan membeli laptop dengan pembayaran kontan atau menggunakan pembayaran secara kredit?

Penentuan harga ini nantinya akan berpengaruh pada spesifikasi dan kualitas laptop yang akan kamu dapatkan. Baik itu merek, ukuran penyimpanan, maupun desain. Jadi tentukan dulu ya berapa kisaran harga yang kamu patok sebelum membeli laptop.

Baca Juga : 4 Merk Laptop Harga Rp3 Jutaan

Spesifikasi

Spesifikasi adalah unsur-unsur yang membentuk sebuah laptop. Perbedaan merek dan tipe dapat membedakan spesifikasinya. Beberapa yang harus diperhatikan saat membeli laptop baru adalah merek, kecepatan prosesor, kapasitas memori RAM, VGA, kualitas layar dan harddisk. Pilihlah yang spesifikasinya bagus dan sesuai kebutuhanmu.

Penyimpanan Memori

RAM merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi kinerja laptop. Dulunya, media penyimpanan berjeniskan harddisk lebih banyak dipilih. Karena dengan harga yang tidak terlalu mahal, harddisk sudah memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Sedangkan untuk saat ini, SSD banyak dipilih karena SSD menawarkan kecepatan yang jauh lebih tinggi dibandingakan dengan harddisk, meskipun harga dari SSD ini jauh lebih mahal. Harga SSD bisa dua kali lipat dari harga harddisk.

Jika kamu membutuhkan laptop untuk menyimpan banyak data, sebaiknya pilihlah laptop berbasiskan harddisk. Tetapi, jika kamu lebih membutuhkan kecepatan, seperti untuk main game atau desain, pilihlah laptop dengan penyimpanan SSD. Itu semua kembali lagi pada seperti apa kebutuhanmu.

Desain dan Kualitas Layar

Dulu, kebanyakan laptop memiliki desain yang lebih tebal dibandingkan laptop-laptop saat ini. Tetapi kini terdapat laptop model 2-in-1 yang memungkinkan layar dan keyboard bisa dilepas-pasang. Jika kamu menginginkan laptop yang dapat digunakan dalam berbagai kondisi, belilah laptop standar dan umum digunakan. Akan tetapi, jika kamu ingin yang lebih ringan dan semakin mudah dibawa bepergian, pilihlah laptop model 2-in-1 sehingga semakin mudah dan ringan saat dibawa-bawa ke mana saja kamu pergi.

Untuk kualitas layar pada laptop, pililah kualitas layar yang bagus resolusi dan sudut pandang penglihatannya. Tidak semua laptop memiliki kualitas layar yang bagus. Maka dari itu, sebelum membeli laptop baru, pastikan kamu mengetahui jenis layarnya. Selain itu, perhatikan juga ukuran layar pada laptop. Sesuaikanlah dengan kebutuhanmu. Biasanya, kebanyakan orang menggunakan laptop berukuran 14 inci karena dianggap paling ideal.

Sistem Pengoperasian

Sistem pengoperasian pada laptop patut menjadi pertimbangan. Jangan sampai kamu memiliki laptop tetapi kamu tidak tahu cara mengoperasikannya. Pilihlah sistem operasi dan aplikasi yang familier dengamu. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan sistem operasi yang tidak mudah terserang virus dan harus memperhitungkan tingkat kompatibilitas dengan perangkat lain yang akan kamu hubungkan. Pertimbangkan juga masalah ketersediaan pembaruan perangkat lunak.

Daya Tahan Baterai

Menurut beberapa referensi, ketahanan baterai tergolong sulit untuk diukur karena tergantung pemakaian laptop, aplikasi yang dijalankan, dan jenis prosesor yang sedang dipakai. Rata-rata laptop memiliki ketahanan baterai selama 8 sampai 10 jam. Akan tetapi, belakangan ini banyak juga laptop yang bisa bertahan di atas 10 jam.

Agar laptopmu lebih awet untuk digunakan, pastikan kamu dapat merawat baterai laptop sebaik mungkin supaya performanya tetap bagus. Misalnya, tidak melakukan charge terus-menerus, tidak menunggu hingga baterai benar-benar habis baru kamu charge atau bahkan menge-charge laptop dalam keadaan mati. Hal-hal tersebut dapat membuat performa baterai semakin berkurang. Pilihlah laptop dengan ketahanan baterai yang mumpuni dan sesuai kebutuhannmu.

 

 

 

 

suratechtrade.com