Sistem DAW - Professional Audio - Produk - Yamaha - Indonesia

Kemunculan microchip beserta teknologi komputer pada awalnya, masyarakat telah memahami potensi pengembangan dari penemuan penemuan tersebut

Dalam dunia musik sendiri, kemunculan segala sesuatu yang bersifat digital telah berlangsung lama, walaupun rata-rata konsep yang telah berkembang adalah mendigitalkan hal-hal yang analog, namun yang demikian telah banyak membantu musisi dalam berbagai proses.

Apa itu DAW?

DAW (Digital Audio Workstation) merupakan perangkat lunak yang dimodifikasi untuk memungkinkan para pengguna untuk merekam, mencampur, menguasai dan/atau melakuka editing atas suara yang telah direkam.

DAW yang didirikan pada pertengahan tahun 70an tekah mengalami banyak perubahan. DAW saat ini mungkin merupakan hasil dari perkembangan teknologi yang luar biasa, karena produk DAW saat ini tidak hanya mampu menggantikan semua peralatan yang ada di studio rekaman, tetapi juga menggantikan semua peralatan yang ada di studio rekaman, juga mampu membuat produksi musik. proses lebih mudah dari waktu ke waktu.

Persyaratan Sistem

Seperti software lainnya, software ini juga membutuhkanPC ataupun laptop yang whoti it agar DAW yang kita gunakan dapat berfungsi dengan baik. Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan dari PC yang akan Anda gunakan.

CPU dan RAM

Salah satu perangkat penting yang perlu diperhatikan saat menggunakan DAW yaitu CPU dan RAM Komputer Anda. Dikarenakan software ini mempuayi kapasitas yang terbilang cukup “berat”, ada baiknya untuk mengupdate spesifikasi CPU dan RAM. Biasanya software DAW bekerja cukup baik di PC/Laptop dengan spesifikasi minimal: Quad core (CPU) dan memori RAM 8 GB.

Perangkat input

Selain PC / laptop yang layak, perangkat tambahan yang diperlukan untuk menggunakan DAW adalah antarmuka audio. Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang antarmuka audio, lihat artikel sebelumnya.

Berikut ini akan kami rangkum beberapa DAW yang bisa Anda gunakan, baik Professional DAW maupun Free DAW:

Steinberg Cubase

Ini adalah salah satu software DAW yang paling mudah didapatkan selama puluhan tahun, di seri Cubase 5 hingga paling banyak seri terbaru, Cubase Pro 9. Selain Cubase, produk DAW Steinberg yang bisa Anda dapatkan dengan mudah adalah seri Nuendo.

Pro Tools

Bisa dibilang Pro Tools merupakan software DAW yang akan sering Anda temukan di studio-studio rekaman di tanah air.Dalam hal antarmuka yang ramah pengguna dan juga metode kerja, yang menyerupai perangkat analog yang “didigitalkan”, perangkat lunak ini sering dianggap sebagai standar DAW untuk produksi musik profesional.

Cakewalk Sonar

Jenis DAW lain yang bisa Anda dapatkan adalah SONAR. Produk Cakewalk ini sebenarnya sedikit lebih sulit digunakan daripada dua DAW sebelumnya, namun produk SONAR ini seringkali hadir dengan fitur yang tidak tersedia di DAW lainnya.

Audacity (FREE DAW)

Salah satu DAW gratis yang bisa Anda gunakan adalah Audacity Dengan tampilan yang simpel dan minimalis, Anda bisa lebih mudah mengenali penggunaan DAW dengan software ini.Namun, perangkat lunak ini mungkin salah satu perangkat lunak DAW paling kuat, yang bisa Anda dapatkan secara GRATIS.

Garage Band

Ya, Garage Band adalah perangkat lunak DAW. Untuk pengguna Apple, Anda harus terbiasa dengan perangkat lunak ini karena sudah ada di dalam produk Apple dan untungnya Anda dapat mempelajari dasar-dasar penggunaan DAW dengan perangkat lunak ini sebelum memulai, tingkatkan ke DAW profesional seperti ProTools atau Logic Pro X.

Pyramix 11

Mungkin tidak sepopuler Audacity, tetapi Pyramix 11 adalah DAW profesional yang bisa Anda dapatkan secara gratis. bagi Anda yang memiliki anggaran minim tetapi menginginkan DAW profesional, Pyramix 11 mungkin menjadi pilihan Anda.